Usut Penebar Hoaks, Jokowi: Jangan Setengah-setengah!

Presiden Jokowi meminta Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penebar hoaks dan ujaran kebencian.

DISKUSI: Usut Penebar Hoaks - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar mengusut tuntas kasus penyebaran kebencian dan hoaks seperti yang dilakukan oleh Muslim Cyber Army (MCA) dan Saracen.
Usut Penebar Hoaks, Jokowi: Jangan Setengah-setengah!

“Ya, saya kira polisi tahu ini pelanggaran hukum atau tidak. Kalau pelanggaran hukum, sudah saya perintahkan, entah itu Saracen, entah itu MCA, kejar, selesaikan, tuntas. Jangan setengah-setengah,” terang Jokowi kepada awak media usai menjajal sirkuit Sentul, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3).

Baca jugaTebar Kebencian di Sosial Media, 18 Orang Ini Ditangkap

Jokowi mengingatkan, kelompok penyebar berita palsu atau hoaks seperti MCA dan Saracen dapat menyebabkan disintegrasi bangsa. Karenanya, ia meminta agar tindakan-tindakan seperti dilakukan MCA dan Saracen harus segera dihentikan dan Polri harus mengusut perkara tersebut hingga tuntas.

“Entah motifnya ekonomi, entah politik, tidak boleh seperti itu. Saya sudah perintahkan ke Kapolri kalau ada pelanggaran tindak tegas. Jangan ragu-ragu,” tegas Jokowi.



Meski telah dilakukan penangkapan terhadap sejumlah anggota kelompok penebar hoaks, Jokowi menilai, kondisi media sosial hingga kini masih belum kondusif.

“(Kondisi media sosial), masih anget. Makannya ini harus selesaikan tuntas biar adem semuanya,” pungkasnya.

Baca jugaInilah Pasangan Ideal Jokowi Menurut 4 Lembaga Survei

Sebelumnya, pada 26 Februari lalu, polisi telah menangkap enam orang anggota kelompok MCA. Keenam anggota MCA yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut adalah M. Luth (ditangkap di Jakarta Utara), Riski Surya Drama (Pangkalpinang), Ramdani Saputra (Bali), Yuspiadin (Sumedang), Ronny Sutrisno (Palu), dan Tara Arsih Wijayani (Yogyakarta).

Mereka dijerat dengan Pasal 45 A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 dan/atau Pasal 33 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 4/huruf b angka 1 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dengan ancaman hukuman pidana maksimal enam tahun dan/atau denda maksimal Rp 1 miliar.* (Setkab/Anadolu/RTh)

Bagaimana tanggapan rekan-rekan Dawai?

KOMENTAR

Nama

Anies Baswedan,2,Artis,5,Breaking News,6,Cinta,4,DPR,1,Ekonomi,1,Galeri,6,Heboh,5,Hubungan,5,JK,1,Jokowi,4,Kecantikan,2,Ledakan Bom,6,Lifesytle,4,Mantan,1,Media Sosial,1,Peluru Nyasar,1,Polisi,5,Politik,7,Rizieq Shihab,3,SBY,1,Sharing,6,Traveling,1,Trending,33,Viral,21,
ltr
item
Dawai Diskusi: Usut Penebar Hoaks, Jokowi: Jangan Setengah-setengah!
Usut Penebar Hoaks, Jokowi: Jangan Setengah-setengah!
Presiden Jokowi meminta Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penebar hoaks dan ujaran kebencian.
https://4.bp.blogspot.com/--CouCO6uMD0/Wp5w7tAimYI/AAAAAAAAATQ/ILg-4obI9WIT0jYF_FCkVUKrqsFrTL_sACLcBGAs/s640/Jokowi%2B-%2BUsut%2BPenebar%2BHoaks%2BJangan%2BSetengah-setengah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--CouCO6uMD0/Wp5w7tAimYI/AAAAAAAAATQ/ILg-4obI9WIT0jYF_FCkVUKrqsFrTL_sACLcBGAs/s72-c/Jokowi%2B-%2BUsut%2BPenebar%2BHoaks%2BJangan%2BSetengah-setengah.jpg
Dawai Diskusi
https://diskusi.dawainusa.com/2018/03/jokowi-jangan-setengah-setengah-usut-penebar-hoaks.html
https://diskusi.dawainusa.com/
https://diskusi.dawainusa.com/
https://diskusi.dawainusa.com/2018/03/jokowi-jangan-setengah-setengah-usut-penebar-hoaks.html
true
604265724730338417
UTF-8
Semua postingan Tidak ada tulisan temukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA TULISAN Tidak ada tulisan yang sesuai Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari lima minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM LANGKAH 1: Bagikan. Klik link yang Anda bagikan untuk membuka kunci Copy semua kode Select semua kode Semua kode telah di-copy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy