10 Alasan Kenapa Traveling Sendirian Itu Menyenangkan

Simak rangkuman sharing pengalaman dari para solo traveler tentang alasan mengapa traveling sendirian itu menyenangkan.

Ada banyak hal yang keren dan menyenangkan yang bisa didapat ketika kamu melakukan traveling sendirian atau solo traveling. Meski ya, kebanyakan orang lebih memilih untuk bepergian bersama teman, sahabat, kekasih, ataupun keluarga.
10 Alasan Traveling Sendirian

Tetapi, tahukah kamu bahwa ada hal-hal yang hanya bisa kamu dapat jika kamu melakukan perjalanan liburan sendirian?

Karenanya, kenapa harus bersedih jika waktu liburan tiba, tidak ada yang bersedia menemani perjalananmu. Apakah dengan itu, rencana perjalanan yang telah disusun jauh-jauh hari lantas batal begitu saja hanya karena kamu sendirian?

Solo Traveler ke Flores
Solo traveler: @alynetamir
Atau, sampai kapan menunggu untuk bisa pergi ke tempat impian jika orang-orang yang kamu harapkan bisa menemanimu selalu saja beralasan dan menolak? Tidak ada salahnya kamu memberanikan diri untuk mencoba berlibur sendirian.

Akan ada banyak hal menarik dan pengalaman-pengalaman seru yang menantimu. Berikut 10 alasan menarik yang dirangkum sahabat Diskusi Dawai dari sharing pengalaman para solo traveler.

Traveling Sendirian: Kamu Bebas!

Ya! Dengan melakukannya sendiri, kamu akan lebih bebas. Kamulah yang berhak menentukan semuanya: sejak dari perencanaan, keberangkatan, liburan, hingga kepulangan. Apa saja kebebasan yang akan dinikmati jika kamu traveling sendirian?

1. Bebas Melakukan Apapun

Kamu bebas untuk menentukan kemana saja akan pergi dan apa saja yang akan dilakukan di sana. Kesenangan seperti ini tentu tidak selamanya akan didapat jika kamu berlibur bersama orang lain.

Kadang, kamu mesti harus mengalah untuk menyesuikan diri dengan keinginan atau kondisi teman seperjalananmu.

Sendirain, kamu bebas melakukan apapun
Solo traveler: @fr.nsie

Dengan berlibur sendiri, kamu bebas untuk menentukan tempat-tempat mana saja yang mau dikunjungi, apa saja yang ingin kamu lakukan di sana. Kamu juga bebas untuk menentukan barang apa serta pakaian mana yang ingin kamu kenakan selama di perjalanan.

2. Bisa Menyesuaikan Budget

Karena kamulah yang merencakan akan seperti apa perjalananmu nantinya, kamu jugalah yang berhak menyesuaikan budgetnya. Kamu bebas untuk menentukan mana yang akan atau tidak akan kamu masukkan dalam anggaran perjalananmu.

Kebebasan seperti ini terkadang tidak didapat ketika berlibur bersama orang lain.

Bisa Menyesuaikan Budget Sendiri
Solo traveler: @rahmijuwitasukma
Ketika kamu ingin membeli sesuatu, kamu mesti juga memikirkan teman seperjalananmu. Begitupun sebaliknya. Saat ia membeli sesuatu, kamu merasa itu anggarannya terlalu mahal, terlalu murah, atau bahkan sebenarnya tidak perlu.

3. Menentukan Jadwal Sendiri

Selain hal yang akan dilakukan serta anggarannya, kamu juga bebas untuk menentukan kapan waktunya. Seringkali, saat melakukan traveling bersama sahabat atau keluarga, kamu harus menyesuaikan diri dengan jadwal mereka.

Alhasil, kadang liburannya terlalu cepat berakhir atau kelewat lama selesai.

Kamu Bisa Menentukan Jadwalmu Sendiri
Solo Traveler: @8elapantrip
Dengan menentukan jadwal sendiri, kamu bebas untuk menikmati waktu yang tersedia. Sekarang terserah kamu untuk memutuskan, kapan ingin melakukan ini, kapan waktunya pergi ke situ, atau berapa lama kamu ingin menikmatinya.

4. Sejenak Memanjakan Diri Sendiri

Meski manusia adalah makhluk sosial, pada dasarnya setiap orang juga butuh waktu untuk diri sendiri. Melakukan traveling sendirian adalah salah satu pilihan yang tepat untuk sejenak beristirahat dari kesibukan dan tuntutan pekerjaan maupun sekolah.

Ya, ini saatnya memberi ruang untuk dirimu sendiri. It's me time!

Sejenak Memberi Ruang Untuk Dirimu Sendiri
Solo traveler: @ireztia
Dengan berlibur sendirian, kamu bisa punya waktu untuk diri sendiri dan menyegarkan pikiran dari rutinitas keseharian yang itu-itu saja. Ini saatnya untuk sejenak memanjakan pikiran dan tubuh, sebuah cara untuk menghargai dirimu sendiri.

5. Tidak Perlu Berdebat Dengan Siapapun

Betul. Kamu tidak harus berdebat dengan orang lain tentang rencana dan jadwal yang sudah kamu susun untuk perjalanan liburanmu. Saat kamu melakukannya sendiri, satu-satunya yang bisa menjadi teman debatmu adalah bisikan suara hati dan pertimbangan logikamu sendiri.

Now you can be your own best friend or your own worst enemy.

Tidak Harus Berdebat Dengan Siapapun
Solo traveler:@venpricillaa

Saat melakukan traveling dengan orang lain, perdebatan sering terjadi karena kamu harus menyesuaikan diri dengan keinginan orang lain, ataupun sebaliknya. Kamu mau yang ini, dia maunya yang itu. Dia mau ke sini, kamu maunya ke sana. Sekarang tidak lagi.

Traveling Sendirian: Kamu Belajar

Tidak hanya bebas. Dengan melakukan segala sesuatunya sendiri, kamu juga belajar. Traveling sendirian adalah sebuah kesempatan untuk meningkatkan kapasitas kepribadianmu. Apa saja yang nantinya bisa dipelajari?

6. Belajar Untuk Mandiri

Bepergian sendiri membuat kamu punya kesempatan untuk belajar mandiri. Segala sesuatunya harus kamu rencanakan, jalani, nikmati dan tanggung sendiri. Sepintas, terkesan sulit. Namun, di situlah tingkat kedewasaanmu diuji.

Kamu Belajar Untuk Mandiri
Solo traveler:@asariself
Ada rasa puas dan bangga lho, ketika kamu akhirnya benar-benar bisa pergi berangkat sendiri, menikmati liburan dan akhirnya pulang dengan tak kurang suatu apapun. Pengalaman pertama itu pasti akan sangat membekas.

7. Keluar dari Zona Nyaman

Bisa jadi, kamu menganggap diri 'sudah mandiri'. Kamu terbiasa mengerjakan segala sesuatunya sendiri dan tidak membebankan orang lain. Ya, tetapi itu di 'tempatmu'. Bagaimana jika kamu traveling sendirian ke tempat baru?

Keluar dari Zona Nyaman Sehari-hari
Solo traveler:@mylaimaniar

Kehidupan sehari-hari adalah zona nyaman. Kamu merasa bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada. Berangkat sendirian ke tempat yang baru untuk beberapa waktu akan memberimu kesempatan belajar: menaklukkan tantangan yang berbeda dari keseharianmu.

8. Mengasah Kemampuan Beradaptasi

Dengan berani untuk kkeluar dari zona nyaman, kemampuan adaptasimu akan diasah. Secara otomatis, suasana dan lingkungan baru akan menuntunmu untuk menyesuaikan baik pikiran, gerak, maupun sikap degan tempat di mana kamu berada. Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung.

Mengasah Kemampuan Beradaptasi
Solo traveler:@petrun_
Semakin sering kamu melakukan solo traveling, mengenal lingkungan dan suasana baru, kemampuanmu untuk beradaptasi juga akan semakin meningkat. Kamu pun akan lebih luwes saat menghadapi perubahan dan akan lebih tenang jika tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diprediksi sebelumnya.

9. Berinteraksi Dengan Orang-orang Baru

Lingkungan, tempat dan suasana baru, juga berarti: interaksi dengan orang-orang baru. Selain memperluas wawasan, perjumpaan dengan orang baru juga akan memperluas pergaulan dan jaringanmu.

kesempatan Untuk Berinteraksi Dengan Orang Baru
Solo traveler:@rinjani_01
Percaya atau tidak, berani keluar dari zona nyaman, sanggup beradaptasi dalam segala kondisi, dan mampu berinteraksi dengan orang-orang baru adalah beberapa faktor kunci untuk menjadi orang sukes. Yakinlah, akan ada orang-orang baik dan tulus yang kamu temui selama perjalanan.

10. Melihat Dunia Dari Sudut Pandang Berbeda

Mengenal Indonesia tidak cukup dengan media sosial. Kenali, dekati dan jelajahilah. Kamu akan sadar betapa luas dan indahnya negeri Indonesia. Itu salah satu dari sekian banyak sharing para traveler yang mengajak kita untuk berani 'keluar' dan menjelajahi Indonesia.

Bisa Melihat Dunia Dari Sudut Pandang Berbeda
Solo traveler:@hypetrip

Berani melakukan traveling sendirian akan membuat kamu bisa mengambil jarak dari kehidupan sehari-hari dan melihat dunia dari sudut pandangan yang berbeda. Ada begitu banyak kearifan, pengetahuan, serta pengalaman di luar sana yang menunggu untuk kamu sapa dan temui.

Nah sobat Dawai, tunggu siapa lagi? Yuukk... *

KOMENTAR

Nama

Anies Baswedan,2,Artis,5,Breaking News,6,Cinta,4,DPR,1,Ekonomi,1,Galeri,6,Heboh,5,Hubungan,5,JK,1,Jokowi,4,Kecantikan,2,Ledakan Bom,6,Lifesytle,4,Mantan,1,Media Sosial,1,Peluru Nyasar,1,Polisi,5,Politik,7,Rizieq Shihab,3,SBY,1,Sharing,6,Traveling,1,Trending,33,Viral,21,
ltr
item
Dawai Diskusi: 10 Alasan Kenapa Traveling Sendirian Itu Menyenangkan
10 Alasan Kenapa Traveling Sendirian Itu Menyenangkan
Simak rangkuman sharing pengalaman dari para solo traveler tentang alasan mengapa traveling sendirian itu menyenangkan.
https://1.bp.blogspot.com/-qCDo_TXeO44/Wjl5LWHHMqI/AAAAAAAAAEc/Ph6wKW3KmhMwtTVxhyM6pXJsKFYkDR_awCLcBGAs/s640/Alasan%2BTraveling%2BSendirian.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qCDo_TXeO44/Wjl5LWHHMqI/AAAAAAAAAEc/Ph6wKW3KmhMwtTVxhyM6pXJsKFYkDR_awCLcBGAs/s72-c/Alasan%2BTraveling%2BSendirian.jpg
Dawai Diskusi
https://diskusi.dawainusa.com/2017/12/kenapa-traveling-sendirian-itu-menyenangkan.html
https://diskusi.dawainusa.com/
https://diskusi.dawainusa.com/
https://diskusi.dawainusa.com/2017/12/kenapa-traveling-sendirian-itu-menyenangkan.html
true
604265724730338417
UTF-8
Semua postingan Tidak ada tulisan temukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA TULISAN Tidak ada tulisan yang sesuai Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari lima minggu lalu Followers Follow KONTEN PREMIUM LANGKAH 1: Bagikan. Klik link yang Anda bagikan untuk membuka kunci Copy semua kode Select semua kode Semua kode telah di-copy Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy